Senin, 01 Juli 2013

Cara Stem Gitar Yang baik dan Benar



Stem gitar atau Tuning gitar adalah salah satu faktor yang sangat penting ketika memainkan alat musik ini baik untuk solo maupun dengan band. Karena apabila dawai gitar tidak dalam kondisi tuning yang pas maka permainan anda akan terdengar sumbang sehingga tentu saja permainan anda juga terdengar kurang baik dan tidak maksimal.

Apabila anda bermain dalam band apabila gitar tidak terstem dengan baik maka antara satu alat musik yang satu dengan yang lainnya juga tidak akan selaras selain terdengar kurang beraturan, maka sang vokalis atau penyanyi juga akan sangat bingung hendak mengikuti yang mana.

Oleh karena itu anda sebagai seorang gitaris tentu harus stem gitar anda dengan baik agar permaianan solo atau band anda juga akan lebih baik. Untuk tuning gitar sebenarnya banyak sekali caranya baik dengan bantuan perangkat tertentu maupun dengan cara manual, bahkan bagi para gitaris handal yang sudah berpengalaman mereka mampu tuning gitar hanya dengan cara memetik dawai gitar satu-persatu secara open string tanpa menekan satu fretpun, atau bahasa lebih mudahnya hanya dengan cara memetik dawai atau senar pertama kemudian dawai kedua  menyesuaikan hingga seterusnya tanpa menekan satu fretpun.

Hebatnya lagi mereka seakan-akan sudah sangat hafal secara feeling, sehingga nada yang dihasilkan tidak berbeda terlalu jauh dengan standar atau sudah hampir sama dengan nada tut keyboard. Padahal mereka tidak menggunakan perangkat tuner dan juga tidak menyesuaikan dengan nada pada keyboard, bahkan apabila dalam keadaan mood yang baik mereka bisa lakukan dengan cepat dengan catatan dawai gitar, fret gitar dan lain-lain memiliki kualitas yang bagus.

Sudah pasti semua gitaris bisa mentuning atau stem gitar mereka sendiri, namun bagi anda yang sedang belajar berikut beberapa tip dan trik untuk menstem gitar yang baik dan benar agar memiliki nada yang selaras. Seperti yang telah saya sebutkan diatas cara ini sebenarnya sangat bermacam-macam, dan untuk artikel ini cara ini saya bagi menjadi dua bagian yaitu tuning atau stem gitar dengan bantuan perangkat lain dan tuning gitar secara manual.

Tuning atau stem gitar dengan bantuan perangkat lain
1. Menggunakan tuner analog maupun digital yang bisa anda beli ditoko-toko musik. Cara ini sebenarnya yang paling bagus dan akurat, anda hanya tinggal menancapkan kabel yang terhubung dengan dua perangkat yaitu gitar dan tuner kemudian petik dawai satu per satu, apabila jarum sudah benar-benar ditengah maka sudah pas.

Selain itu sebenarnya pada semua effect digital juga terdapat tuner namun menurut saya masih kurang akurat sehingga lebih baik gunakan perangakat khusus tuner saja.

2. Menggunakan bantuan beberapa aplikasi buat tuner gitar. Aplikasi ini sebenarnya sangat banyak dan diantaranya adalah Pitch Perfect Guitar Tuner yang bisa digunakan bagi anda pengguna PC, atau juga bisa bagi pengguna perangkat Android silahkan mencoba Easy Guitar Tuner, G-Tuner (free), Tuner gStrings Free dan lain-lain.

Selain itu pasti juga masih banyak lagi aplikasi lain seperti untuk para pengguna perangkat iOS maupun Windows Phone yang memiliki perangkat serupa dengan fungsi yang sama, namun namanya berbeda. Caranya kurang lebih juga sama dengan menggunakan tuner biasa yaitu koneksikan dua perangkat yaitu gitar dan perangkat yang telah terinstal aplikasi tuner kemudian petik dawai sesuaikan agar jarum atau indikator lain benar-benar berada ditengah.

3. Bagi anda pengguna internet juga bisa memanfaatkan website tententu untuk mentuning gitar anda, salah satu diantaranya adalah Gieson.com atau anda bisa masuk melalui url ini(http://www.gieson.com/Library/projects/utilities/tuner/). Catatan pastikan koneksi internat anda juga bagus, sehingga akan lebih lancar dan akurat.

4. Tuning gitar menggunakan keyboard, karena seperti kita tahu keyboard memiliki nada yang konstan dan sudah pasti standar, sehingga bisa digunakan untuk menyesuaikan dengan gitar. Cara ini sebenarnya adalah semi manual karena bagaimanapun anda harus gunakan perasaan atau feeling anda sendiri, namun dengan bantuan perangkat keyboard sebagai patokannya.

5. Cara yang keempat ini sebenarnya dibilang cukup lucu buat saya, yaitu menggunakan lagu tertentu yang sudah anda kuasai not-notnya sehingga anda tinggal menyesuaikan gitar yang belum tertuning. Contohnya bagi anda penggemar Dream Theater yang sangat tersohor, pasti tahu salah satu lagu dari mereka yaitu Pull Me under.

Lagu ini pada bagian intronya memetik dawai paling atas dengan nada E, maka sesuaikan nada dawai gitar anda sesuai lagu tersebut, kemudian dawai yang lain sesuaikanlah sendiri. Lagu ini bisa dijadikan acauan karena menggunakan nada yang sudah standard.

Seperti tuning menggunakan keyboard cara ini sebenarnya juga semi manual, hanya saja anda menggunakan bantuan lagu yang diputar dengan perangkat PC, ponsel dan lain-lain.

Tuning gitar secara manual
1. Cara pertama adalah yang bisa dianggap cara jadul yaitu, tekan Kolom fingerboard nomor 5 dawai paling atas dan sesuaikan dengan nada dawai atau senar no 5 open string(tanpa pencet fret).

Tekan kolom no 5 pada dawai no 5, dan sesuaikan dengan nada dawai no 4 open string. Tekan kolom no 5 dawai no 4 kemudian sesuaikan dengan nada dawai nomor 3 open string.

Tekan kolom no 4 pada dawai no 3 sesuaikan nadanya dengan dawai no 2 open string. Senar terakhir tekan kolom no 5 pada dawai no 2 sesuailan dengan nada dawai no 1 atau yang paling bawah.

2. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan teknik harmonic atau nada yang dihasilkan pada gitar tanpa menekan fingerboard, namun menyentuh senar secara mengambang dan pada umumnya persis diatas fret gitar. Cara ini sebenarnya yang paling akurat menurut saya dan apabila sudah bisa menguasai akan bisa menstem gitar dengan cepat waluapun secara manual.

Caranya, pada gambar dibawah ini bisa anda lihat ada bulatan-bulatan yang menunjukan fret yang harus ditekan namun ingat harus secara mengambang tanpa menyentuh fingerboard, atau sentuh tipis dawai/senarnya saja.

Bulatan merah pada dawai nomor 6(lihat gambar baik-baik) harus diselaraskan nadanya pada bulatan di dawai no 5 dengan warna merah juga. Bulatan pada dawai no 5 biru nadanya selaraskan dengan bulatan biru di dawai no 4. begitu seterusnya sesuai dengan gambar.
- See more at: http://mynotepat.blogspot.com/2013/01/cara-stem-gitar-yang-baik-dan-benar.html#sthash.bby8tV4D.dpuf

1 komentar: