Senin, 01 Juli 2013

Pengaruh Ukuran Dawai Gitar Elektrik Terhadap Karakter Sound



Dawai adalah salah satu sumber bunyi yang bisa dihasilkan oleh alat musik petik dan salah satu diantaranya yang sering kita jumpai yaitu gitar. Pada umumnya dawai terbuat dari nilon untuk gitar akustik(walaupun juga ada gitar akustik yang berdawai baja/kawat), namun untuk gitar elektrik dawainya terbuat dari baja karena bahan tersebut lebih baik ketika mengirim sinyal getaran pada magnet pickup.

Pada gitar elektrik ada berbagai macam merk dawai yang terdapat dipasaran dengan berbagai harga yang ditawarkan, selain itu ukuran dawai tersebut juga bermacam-macam dan pada umumnya acuan ukuran yang paling mudah adalah berdasarkan dawai paling bawah. Pada umumnya untuk gitar elektrik ada tiga macam ukuran yang dijadikan patokan yaitu ukuran 0.08, 0.09, 0.10(berdasarkan ukuran snar gitar paling bawah)

Namun tahukah anda ternyata ketiga jenis ukuran tersebut juga sangat berpengaruh terhadap karakter suara yang dihasilkan dari gitar anda, sehingga pemilihan ukuran dawai yang tepat maka akan bisa memaksimalkan permaianan gitar anda sesuai dengan karakter musik anda.

Oleh karena itu pada artikel ini kami akan sedikit berbagi mengenai pengaruh ukuran dawai terhadap karakter sound gitar elektrik, agar anda bisa menyesuaikan terhadap musik yang anda mainkan atau karakter permainan gitar anda dengan ukuran dawai yang harus dipilih.
 
Dawai gitar berukuran 0.08
1. Dawai ini tentu memiliki ukuran yang sangat tipis sehingga akan menghasilkan sound yang paling smooth dan cocok bagi anda yang memainkan musik blues, jazz, pop, Reggae, Fusion dan lain-lain.

2. Keunggulan dawai dengan ukuran ini sustainnya(lama getaran suara) jauh lebih panjang dibanding dengan dawai yang ukurannya lebih besar, sehingga bagi anda yang memiliki gitar eletrik dengan kualitas kurang baik, baik itu dari segi pickup maupun body kayunya maka akan lebih baik gunakan dawai ukuran 0.08.

3. Dawai ukuran ini juga cocok bagi anda gitaris pemula atau juga bisa buat gitaris yang memiliki power bending yang tidak begitu besar, karena dengan ukuran dawai yang lebih tipis otomatis akan lebih mudah dibending hingga peningkatan beberapa nada tanpa power fingering yang besar.

4. Kelemahan dari dawai ukuran 0.08 adalah mudah kendur, sehingga selang waktu tertentu nada akan cepat turun yang memaksa kita untuk sering stem. Selain itu juga mudah putus dan tone yang dihasilkan tentu juga kurang mantab karena untuk mencapai nada standar sesuai tuner, dawai dengan ukuran ini cenderung masih terasa kendur.

Dawai gitar berukuran 0.09
1. Dawai dengan ukuran ini adalah yang paling umum dan sering digunakan oleh banyak gitaris baik amatir maupun profesional. Karakter suara yang dihasilkan juga paling fleksible karena sangat cocok untuk dimainkan untuk semua jenis musik dari jazz, pop, blues hingga rock.

2. Sustain yang dihasilkan juga cukup baik walaupun lebih panjang/lama dawai ukuran 0.08, namun setidaknya untuk faktor kenyamanan dawai ini juga bisa diandalkan karena tidak mudah putus.

3. Menurut kami dawai ukuran ini jauh lebih mantab untuk memainkan musik hard rock seperti MR.BiG, Extreme, Van Halen, Joe Satriani, Steve Vai dan lain-lain atau permainan gitar dengan skill tinggi, baik dari segi tehnik, fingering, speed, dan sound, karena dawai ukuran ini cenderung paling balance sehingga enak untuk diajak ngebut.

Dawai gitar ukuran 0.10
1. Dawai ukuran ini memiliki tone yang sangat mantab sehingga sangat cocok buat segala jenis musik metal seperti Metallica, Pantera, Megadeth, atau beragam genre musik underground.

2. Kelebihan dari dawai gitar 0.10 selain tone yang sangat mantab adalah sangat jarang sekali putus, dan stem gitar juga jarang kendur, sehingga bagi anda yang merasa cocok menggunakannya akan lebih nyaman.

3. Namun dibalik kelebihan pasti juga ada kelemahannya dan yang paling terlihat mencolok adalah sustainnya sangat pendek, sehingga anda harus benar-benar memiliki power yang besar untuk memainkannya. Selain itu dengan sustain yang lebih pendek juga akan memaksa kita untuk memiliki pickup dengan kualitas yang baik, karena getarannya lebih rendah sehingga dibutuhkan pickup yang lebih sensitif dan sound yang lebih baik.

4. Dawai dengan ukuran ini juga memiliki ukuran yang paling jumbo, sehingga membutuhkan gitar elektik yang benar-benar berkualitas sangat baik. Contohnya pastikan fret gitar anda juga harus benar-benar berkualitas baik agar tidak mudah rusak karena tekanan dawai yang lebih besar.

Selain itu untuk menopang dawai ini juga diperlukan neck guitar yang kuat karena untuk mencapai nada standar sesuai tuner, dawai ini akan terasa sangat menekan kuat sehingga bisa mengakibatkan neck guitar dalam waktu yang lama akan melengkung.
- See more at: http://mynotepat.blogspot.com/2013/01/pengaruh-ukuran-dawai-gitar-elektrik.html#sthash.5lPYyR5g.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar